Nama beliau adalah Ja’far bin Tsa’lab
bin Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al adfawi. Seoarang ‘ulama bermadzhab
Syafi’I yang tinggal di Baghdad. . Kelahiran dan wafatnya beliau : Dilahirkan
pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H di Kairo.
Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz
di dalam kitab Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452. Imam Ibnu Rajab
menyatakan bahwa Syeikh Abdul Qadir Al Jailani lahir pada tahun 490/471 H di
kota Jailan atau disebut juga dengan Kailan. Sehingga diakhir nama beliau
ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau juga Al Jiliy. (Biaografi
beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor
134, karya Imam Ibnu Rajab Al Hambali. Buku ini belum diterjemahkan ke dalam
bahasa Indonesia).
Beliau wafat pada hari Sabtu malam,
setelah maghrib, pada tanggal 9 Rabi’ul Akhir tahun 561 H di daerah Babul Azaj.
. Masa Muda Beliau: Beliau meninggalkan tanah kelahiran, dan merantau ke
Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar kepada beberapa orang
ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul Husein Al Farra’ dan juga Abu
Sa’ad Al Muharrimi.Beliau belajar sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan
juga perbedaan-perbedaan pendapat para ulama’.
Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi
membangun sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan
sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani. Beliau
mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana sambil memberikan
nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak sudah orang yang bertaubat
demi mendengar nasehat beliau.
Banyak orang yang bersimpati kepada
beliau, lalu datang ke sekolah beliau. Sehingga sekolah itu tidak kuat
menampungnya. Maka, diadakan perluasan Murid-murid beliau : Murid-murid beliau
banyak yang menjadi ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun
kitab Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab
figh terkenal Al Mughni. Perkataan ulama tentang beliau : Syeikh Ibnu Qudamah
rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir, beliau menjawab, ” kami
sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa kehidupannya. Beliau menempatkan
kami di sekolahnya. Beliau sangat perhatian terhadap kami. Kadang beliau
mengutus putra beliau yang bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami.
Beliau senantiasa menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal
bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan untuk
belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau meninggal dunia.
(Siyar A’lamin Nubala XX/442). Beliau adalah seorang ‘alim. Beraqidah Ahlu
Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal banyak memiliki
karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang membuat-buat kedustaan atas
nama beliau. Kedustaan itu baik berupa kisah-kisah, perkataan-perkataan,
ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda dengan jalan Rasulullah, para
sahabatnya, dan lainnya.
Diantaranya dapat diketahui dari
perkataan Imam Ibnu Rajab, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seorang yang
diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para syeikh, baik ‘ulama dan
para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki keutamaan dan karamah. Tetapi ada
seorang yang bernama Al Muqri’ Abul Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama
lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di
Kairo tahun 640 H, meninggal tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak
bertemu dengan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan
keutamaan-keutamaan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia
telah menulis perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ).
Cukuplah seorang itu berdusta, jika dia
menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat sebagian kitab ini, tetapi
hatiku tidak tentram untuk berpegang dengannya, sehingga aku tidak meriwayatkan
apa yang ada di dalamnya. Kecuali kisah-kisah yang telah mansyhur dan terkenal
dari selain kitab ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang
yang tidak dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh ( dari agama dan
akal ), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak
berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah mati,
dan sebagainya.) semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh Abdul Qadir
Al Jailani rahimahullah.
Kemudian aku dapatkan bahwa Al Kamal
Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin Ja’far bin Ali
bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama bermadzhab Syafi’i.
Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685 H. Wafat tahun 748 H di
Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di dalam kitan Ad Durarul Kaminah,
biografi nomor 1452.) telah menyebutkan, bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh
berdusta atas kisah-kisah yang diriwayatkannya dalam kitab ini.”(Dinukil dari
kitab At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul
Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415
H / 8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata,
”Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
rahimahullah memiliki yang bagus dalam masalah tauhid, sifat-sifat Allah,
takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai dengan sunnah. Beliau memiliki kitab
Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq, kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai
kitab Futuhul Ghaib. Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan
dengan nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir
dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras terhadap
orang-orang yang menyelisihi sunnah.
” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia (Allah ) di arah atas, berada
diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi segala
sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan hadist-hadist, lalu berkata
” Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ ( Allah berada diatas ‘arsyNya ) tanpa
takwil ( menyimpangkan kepada makna lain ). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat
Allah diatas arsys.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515).
Ali bin Idris pernah bertanya kepada
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ” Wahai tuanku, apakah Allah memiliki wali (
kekasih ) yang tidak berada di atas aqidah ( Imam ) Ahmad bin Hambal?” Maka
beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak akan ada.”( At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab Al
Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan penghormatan
beliau terhadap manhaj Salaf. Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
adalah penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab Hambali. Menjadi
guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.
” Imam Adz Dzahabi menyebutkan biografi
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam Siyar A’lamin Nubala, dan menukilkan
perkataan Syeikh sebagai berikut,”Lebih dari lima ratus orang masuk Islam lewat
tanganku, dan lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.” Imam Adz Dzahabi
menukilkan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang
aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan beliau mengetahui hal-hal yang
ghaib.
Kemudian mengakhiri perkataan, “Intinya
Syeikh Abdul Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat
kritikan-kritikan terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan
atas kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya merupakan
kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi juga berkata, ”
Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang riwayat hidup dan karamahnya
lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak
diantara riwayat-riwayat itu yang tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi
“. Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil,
hal.136, ” Aku telah mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
) didalam kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94)
Maka aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi.
Beliau menetapkan nama-nama dan
sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj Salaf. Beliau juga
membantah kelompok-kelompok Syi’ah, Rafidhah, Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah,
dan kelompok lainnya dengan manhaj Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat
Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit
Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.).
Inilah tentang beliau secara ringkas.
Seorang ‘alim Salafi, Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan membuat
kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari semua
kebohongan itu.
Wallahu a’lam bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang
‘ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin menyanjung-nyanjungnya
dan mencintainya, maka suatu kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi
kalau meninggi-ninggikan derajat beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi
wasalam, maka hal ini merupakan kekeliruan. Karena Rasulullah shollallahu
‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia diantara para nabi dan
rasul.Derajatnya tidak akan terkalahkan disisi Allah oleh manusia manapun.
Adapun sebagian kaum muslimin yang
menjadikan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( perantara ) dalam
do’a mereka. Berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh
Allah, kecuali dengan perantaranya. Ini juga merupakan kesesatan. Menjadikan
orang yang meningal sebagai perantara, maka tidak ada syari’atnya dan ini
diharamkan. Apalagi kalau ada orang yang berdo’a kepada beliau. Ini adalah
sebuah kesyirikan besar. Sebab do’a merupakan salah satu bentuk ibadah yang
tidak diberikan kepada selain Allah. Allah melarang mahluknya berdo’a kepada
selain Allah, Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka
janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya Disamping ( menyembah )
Allah. ( QS. Al-Jin : 18 )
0 komentar
Posting Komentar